Kirim Barang dari Korea ke Indonesia

Korea menjadi destinasi berlibur warga Indonesia yang kini yang kini banyak dikunjungi. Korea memiliki kebudayaan yang disukai oleh warga Indonesia. Apalagi adanya trend Korea yang ditimbulkan dari mulai K-Pop, drama Korea, hingga produk skincare yang mantap.

Jika kamu berlibur ke Korea dan hendak membawa oleh-oleh banyak dari sana, tapi kamu bingung bagaimana cara kirimnya ke Indonesia, kamu tidak perlu khawatir. Artikel ini akan membahas tentang hal-hal terkait kirim barang dari Korea ke Indonesia menggunakan Freight dispatch service agency terpercaya.

Macam paket pengiriman dari Korea ke Indonesia

Dalam mengirim barang dari Korea ke Indonesia sangat ditentukan kubikasi dan berat dari barang yang akan dikirim. Ada beberapa macam paket pengiriman diantaranya :

  • Express Mail Service (EMS), pengiriman menggunakan EMS memiliki estimasi waktu sampai ke Indonesia dalam 3-7 hari. Barang yang dikirim memiliki berat maksimal 30 kg.
  • Air Parcell, barang akan dikirim melalui jalur udara dengan estimasi waktu pengiriman 7-14 hari dengan berat maksimal barang yang dikirim yaitu 20kg.
  • Surface Parcell, barang akan dikirimkan melalui jalur laut
  • Small Package, barang akan dikirimkan ke Indonesia dalam waktu 7-30 hari dengan berat barang maksimal 2 kg.

Ekspedisi kirim barang dari Korea ke Indonesia

Ekspedisi yang bisa digunakan untuk mengirimkan barang dari Korea ke Indonesia cukup banyak. kamu bisa memilih ekspedisi yang sudah berpengalaman dan terpercaya di bidangnya.

  • Shared EMS + TIKI/ Gojek

Pengiriman menggunakan ekspedisi ini digunakan untuk paket barang yang berukuran kecil dan ringan (kurang dari 2 kg). Pengiriman barang menggunakan ekspedisi ini lebih murah dari yang lainnya. Paket barang akan dikirimkan sampai rumah, pengirimannya diteruskan menggunakan Tiki/ Gojek sehingga kamu tidak perlu pergi ke kantor pos dan tidak lagi mengurus bea cukai sendiri. Namun, pengiriman ini membutuhkan waktu yang lebih lama.

  • EMS

Pengiriman paket ini dilakukan untuk barang dengan kapasitas besar dan lebih berat (lebih dari 2 kg). Kamu perlu untuk mengurus bea cukai sendiri dan ke kantor pos untuk pengambilan paket.

  • DHL

Pengiriman menggunakan DHL tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya paket akan sampai dalam waktu 4-10 hari.

Alur pengiriman barang dari Korea ke Indonesia

  • Alur pengiriman 1 : Dalam transaksi jual beli, paket akan dikirimkan oleh penjual lalu dibawa ke warehouse Korea dan dikirimkan sampai akhirnya tiba ke pembeli di Indonesia.

Pada pengiriman ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena barang akan langsung dikirimkan ke pembeli alamat pembeli tanpa melalui warehouse di Indonesia. Apabila barang yang dikirim termasuk barang kena pajak, maka pajak akan dikenakan pada pembeli dan pembeli harus mengurusnya sendiri.

Paket ini tidak kenakan ongkos kirim domestik Indonesia. Alur pengiriman ini dilakukan menggunakan DHL, FedEx, UPS, Korean Post (EMS, EMS Premium, K-Packet).

  • Alur pengiriman 2 : Penjual akan mengirimkan paket barang dan diproses di warehouse Korea. Sesampainya barang di Indonesia, maka barang akan diproses kembali di warehouse Indonesia baru akhirnya sampai ke pembeli.

Alur pengiriman 2 ini membutuhkan waktu lebih lama karena banyak mengalami transit dan pengirimannya hanya dilakukan seminggu sekali sehingga harus menunggu. Apabila barang yang dikirim terkena pajak, maka pajak akan diurus dan dibayarkan dulu oleh pengirim baru ketika barang tiba dibayarkan bersama dengan ongkos kirim oleh penerima,

Paket akan dikirimkan ke alamat penerima barang sehingga tidak perlu mendatangi kantor pos. metode pengirimannya menggunakan shared EMS.

Cara menghitung biaya pengiriman dari Korea ke Indonesia

Pada pengiriman barang dari luar negeri, barang harus diitung nilainya terlebih dahulu untuk menentukan apakah barang tersebut akan dikenakan pajak atau tidak. Penentuan bea masuk dihitung berdasarkan : (nilai barang + biaya pengiriman + asuransi) dikalikan dengan nilai kurs.

Tarif untuk bea masuk bagi barang kiriman sesuai dengan ketentuan yaitu sebesar 7,5%. Nilai impor barang dihitung dari nilai pabean ditambah dengan nilai bea masuk. Selain itu ada juga kewajiban yang harus dibayarkan yaitu PPN impor dengan tarif sebesar 10%.

Ada juga tarif PPH yang besarnya sama dengan tarif PPN yaitu 10% jika memiliki NPWP. Namun jika pengirim tidak memiliki NPWP maka akan dikenakan tarif PPH 20%. Sehingga yangharus dibayarkan semakin besar.

Cara melacak pengiriman barang dari Korea ke Indonesia

Dalam proses kirim barang dari Korea ke Indonesia perlu dilakukan tracking agar barang tetap dalam pantauan sehingga bisa sampai tujuan dengan aman. Berikut ini merupakan cara tracking barang dari Korea ke Indonesia menggunakan EMS :

  • Buka web browser di smartphone kamu
  • Masuk ke website EMS di alamat : https://ems.posindonesia.co.id
  • Masukkan shipping number pada kolom yang tersedia (terletak di sebelah kanan)
  • Masukkan juga kode keamanan lalu klik “Search”
  • Status pengiriman barang akan ditampilkan di layar HP kamu

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika kirim barang dari Korea ke Indonesia. Selalu berhati-hati dalam mengirim barang sehingga barang bisa sampai tujuan dengan aman. Semoga bermanfaat

Leave a Reply